Association by Contiguity


Menurut kamus psikologi artinya adalah prinsip yang menyatakan bahwa apabila dua pengalaman langsung berdekatan bersama-sama waktunya, maka timbulnya satu pengalaman berikutnya akan membangkitkan kejadian lainnya (Chaplin, 2008). 

Contohnya:
Asisten praktikum dan laporan praktikum.
Penjelasannya:
Setiap praktikum selalu didampingi oleh asisten praktikum (pengalaman pertama), setelah proses praktikum berlangsung, maka hal yang pertama dan utama yang harus dilakukan adalah membuat laporan praktikum (pengalaman kedua). Laporan praktikum ini biasanya harus diselesaikan selang dua hari setelah praktikum berlangsung. Kasusnya adalah jika mendapat jadwal praktikum yang berurutan, maka laporan praktikum yang harus diselesaikan pun berurutan juga. Kongkritnya, saat jadwal praktikum selasa dan rabu, maka ngumpulin laporannya adalah kamis dan jum’at, revisian laporan biasanya diberikan sabtu dan senin.

Dan tugas asisten praktikum adalah mengingatkan, merevisi dan menagih laporan praktikum. Jika hal di atas dilakukan secara terus menerus dalam kurun waktu 7 minggu maka hasilnya adalah setiap ngeliat asisten praktikum, persepsi kita langsung tertuju pada laporan praktikum. Bahkan dari jauh pun gesture asisten akan sangat dihafal dan kemudian lebih memilih untuk mencari jalan lain agar tidak bertemu asisten dan tidak merasakan jenis somatoform* yang baru.

Sebenernya aku ngerasain sendiri gimana tiba-tiba mual saat menyadari bahwa di kelas PKP yang duduk di sebelah kanan depan adalah asisten praktikum konseling dan yang duduk di sebelah kiri depan adalah asisten praktikum proyektif. Aku pun memutuskan untuk pindah duduk ke bangku paling belakang.

Get the point?

Moral of the Story :
Sistem pembelajaran paling mudah dimengerti dan dipahami adalah saat merasakan sendiri bagaimana hal yang kita pelajari itu terjadi dalam kehidupan kita, misalnya Association by Contiguity seperti contoh di atas.
______________
*somatoform : keluhan gejala fisik yang berulang-ulang, meskipun sudah dilakukan pemeriksaan medik dan tidak ditemukan kelainan yang menjadi dasar keluhannya. Adanya kemungkinan kaitan antara keluhan fisik dengan problem dalam kehidupan yang dialaminya, misalnya gejala kecemasan dan depesi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Association by Contiguity"

Post a Comment