Autochthonous vs Foreigner


Berhubung malem minggu ditinggalin entah kemana, daripada jadi galau nangis-nangis gak jelas, mending aku certain pengalamanku beberapa waktu yang lalu. 

Bermula saat beberapa hari lalu, tepatnya 1 desember, ada pemberitahuan kalau temen SMA *baca: aliyah, dulu mau mampir ke jogja setelah perjalanan study visit ke Jakarta. Oke, berhubung aku orangnya sangat menjunjung tinggi asas pertemanan *halaah, setelah pulang kelas seminar aku langsung meluncur nemuin mereka. Setelah sempet kebingungan karena mereka berdua nyasar nyari masjid gedhe keraton, akhirnya aku memutuskan untuk memilih tempat janjian lain yang lebih jelas dan terbuka, depan benteng vredeburg pun dipilih. Catch you, itu dia akhirnya ketemu juga sama Neyla dan mamake. Setelah cipika-cipiki dan sedikit bercerita tentang fabulous twilight waktu itu, aku mengantarkan mereka jalan-jalan ke malioboro.

Baru masuk pasar senthir, udah berhenti, maklum lah yaa cewek-cewek, berhubung aku yang ditanyain tentang harga dan lain-lain malah gak ngerti, mereka jadi jalan-jalan sendiri deh. Karena masih agak sorean, jadi pasarnya belum begitu rame, aku pun cuek aja berdiri di tengah jalan sambil ngawasin mereka dan sesekali ngobrol dengan teman baru. Tiba-tiba aku ngerasa ada yang memukul betisku, setelah kutengok ke belakang ternyata ada seorang ibu tengah baya yang berjalan dengan menggunakan bantuan payung ngomel-ngomel. Entah siapa dan kenapa tiba-tiba ibu itu ngomel-ngomel, suaranya gak jelas, aku jadi ngerasa serba salah. 

Lagi mikir beberapa kemungkinan kenapa ibu itu ngomel-ngomel, tiba-tiba ada wisatawan asing yang lewat dan gak sengaja nyenggol tas temen di depanku, secara spontan ‘masnya’ itu bilang ‘sorry’, suaranya pelan dan dengan raut muka menyesal, padahal bukan sepenuhnya salah dia juga udah nyenggol-nyenggol, lagian nyenggolnya juga dikit doang. Aku langsung inget kejadian waktu maen ke taman sari sama Mas Zaak, waktu itu kita lagi maen-maen di jendela ‘ruang pengintaian raja’, berniat ngusilin orang yang lewat di depan jendela dengan mengagetkan mereka, belum sempet rencana terlaksana, kami udah ketawa-ketawa heboh duluan, dan tiba-tiba ada wisatawan asing yang lewat dan sedikit terkejut lalu noleh ke arah jendela, kami pun jadi malu dan rikuh, eh wisatawan itu malah tersenyum dada-dada ke arah kami sambil bilang ‘hello’. 

Moral of the Story
Saat sedang berada di tempat umum, lihatlah situasi dan kondisi sebelum melakukan sesuatu, agar jangan tidak terlihat konyol di depan orang lain. Selain itu, tanggapan orang atas apa yang kamu lakukan itu bisa beda-beda, bergantung latar belakang si penanggap, apalagi kalau udah beda budaya. Kadang kita bisa jadi orang yang sangat ramah, tapi di suatu waktu yang berbeda kadang kita kalah ramah dari wisatawan asing. Intinya be aware ;)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Autochthonous vs Foreigner"

Post a Comment