Librarian Man


Hari ini kuliah selesai jam 9 pagi. Kalo pulang kok keliatannya enggak banget. Kaya’ anak TK jam segitu udah pulang, ato malah anak TKnya baru berangkat ke sekolah? Entahlah intinya aku nggak mau dilihat sebagai mahasiswa pengangguran gak punya kerjaan yang pulang kuliah jam 9 pagi. Setelah makan di kantin, rombongan pun bubar karena ada acara sendiri-sendiri. Pas ditanyain aku mau kemana, dengan jujur aku jawab gak tau. Pas jalan ke parkiran mikir, mikir lagi, dan mikir. Aku pun memutuskan untuk ke perpustakaan. Iiihh waaw banget yah, mengingat ini adalah kali pertama aku ke perpustakaan selama semester V yang udah mau abis ini demi sebuah proposal skripsi. 

Oke, seperti orang ilang, aku pun berjalan sendirian. Sebelum ini aku sempat ke perpustakaan, mungki sekitar lima kali selama kuliah 5 semester di sini. That means, once per semester, hhehe. Dengan pedenya masuk ruangan skripsi berbekal selembar kertas, sebuah pena warna dan handphone. Nyelonong masuk dan mulai sibuk nyari-nyari skripsi yang aku perluin dan gak sadar begitu dapet langsung duduk aja di lantai sambil buka-buka skripsinya sambil nyatet-nyatet sampai kemudian ada bapak setengah baya berjenggot yang negor dengan suara keras yang buat aku nada seperti itu terkesan galak, sadis dan gak berperikemahasiswaanyangjarangmasukperpus (nah lo, bingung kan bacanya?? :p ). Kurang lebih gini bapaknya bilang “Mbak, kalo udah dapet bukunya ya dibawa ke ruang baca. Bacanya di sana, bukan di sini. Udah mahasiswa kok ya gak ngerti-ngerti. Itu lho udah ada tulisannya, mbok ya di baca dulu, udah 14 gitu. Katanya mahasiswa itu pinter kok baca aja gak bisa.” Suara bapaknya menggema seantero ruangan skripsi, sebenernya teguran ini cukup bikin aku gondok. Negur sih negur pak, tapi apa gak ada cara dan bahasa yang lebih halus dan lebih pelan?. Aku yang gondok cuma jawab singkat, “iya pak, bentar”. “Maksimal dua ya”, sambung bapak itu lagi. Aku pun kembali bilang “iya pak”, dengan nada nahan kesel.  Aku pun buru-buru ngambil skripsi terus keluar ruangan.

Ya mungkin karena kebiasaan kalo di toko buku begitu ketemu buku asyik langsung buka plastik (hanya untuk buku yang gak ada sampelnya, jadi terpaksa harus buka sendiri) dan langsung duduk aja gitu di depan rak sambil baca-baca kebawa pas di perpus. Lagian pas aku keluar sambil cari-cari tulisan yang dimaksud bapaknya juga ternyata cuma selembar kertas hvs a4 (mungkin yang dimaksud bapak itu ‘14’ adalah ukuran fontnya yang 14) yang ditempel di sisi samping luar rak yang ngarah ke jalan, jadi kan kalo jalan lurus terus gak bakalan tau kalo di samping rak ada kertasnya, itu pun gak semuanya ditempelin. Ditambah lagi rak buat skripsi fakultasku mojok paling belakang, ya mana aku tau.

Yaayaya, terlepas dari itu semua yang paling penting adalah aku mendapatkan apa yang aku cari. That’s it.

Moral of The Story
Hilangkan kebiasaan buruk (seperti buka plastik langsung baca di tempat), karena itu tanpa disadari akan terbawa ke aktivitas yang lain, efek dari internalisasi perilaku yang udah masuk ke unconsciousness.  
Saat masuk ke tempat yang jarang dikunjungi dan pasti kita tau ada peraturan di dalamnya, cobalah untuk jeli melihat segala sesuatunya, mulai dari petugas sampai peraturan yang mungkin nyempil dimana-mana.
Dan yang terakhir, tingkatkan terus kesabaran dan pengertian diantara sesama manusia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Librarian Man"

Post a Comment