Yore vs Today’s

Malam ini, pas aku lagi asyik makan malem tiba-tiba rumahku diserbu sama segerombolan anak-anak, yang tak lain adalah temen-temennya adekku. Mereka dengan semangat juang, ini terdengar dari obrolan mereka yang semangat menyebut mata pelajaran apa saja yang akan dipelajari malam ini, jemput adekku buat belajar kelompok. Adekku khususnya, punya segudang aktifitas untuk ukuran anak SD. Aku pun jadi inget kalau dulu aku juga pernah kayak gini tapi dengan situasi yang berbeda. Let’s me show you what the different between yore and today’s.

Yore
1.       Zaman aku masih SD dulu kalau belajar kelompok mesti gak pernah serius, meskipun belajar di tempat guru atau wali kelas (fyi, dulu belajarnya digilir dari satu guru ke guru yang lain , tentu saja yang memungkinkan untuk dikunjungi), meskipun kadang-kadang juga ke rumah temen-temen (yang ini digilir juga). Berangkat abis maghrib naek sepeda, begitu udah ketemu temen-temen di jalan, yang ada malah balapan sambil nyanyi-nyanyi di jalan.
2.       Begitu nyampe venue, biasalah mesti disediain makanan kecil. Belajarnya bentar, seterusnya ngobrol dan ngemil. Pernah suatu saat belajar di rumah temenku, bukannya belajar tapi malah main kartu sambil ngemil. Begitu jam 8, semua harus pulang dan yang didapet cuma kenyang ngemil dan sakit perut karena kebanyakan ketawa.
3.       Dulu aku gak pernah ikut les apa-apa, dulu di sekolah juga gak ada ekskul apa-apa, jadi pulang sekolah pagi langsung masuk sekolah sore. Ya udah, cuma gitu doang setiap hari.
4.       Sekalinya aku kursus bahasa Inggris, guru les privatku ngambek dan marah-marah karena sering aku tinggal tidur pas pelajaran. Akhirnya baru masuk bulan ketiga, sang guru sudah menyerah dan akhirnya akupun berhenti les (ini sih karena memang sebenarnya aku gak terlalu pengen les). Hanya satu lesku yang berhasil, kursus komputer, hasilnya sekarang aku sudah canggih kalo ngetik, bisa sepuluh jari lhoo, cepet pula dan gak perlu liat ke keypad juga (ini satu-satunya kecanggihan yang aku punya).

Today’s 
  1. Adekku belajar kelompoknya pada jalan kaki, ya enak kalo punya tetangga yang seumuran banyak lha akuuu, ya meskipun kalo ngobrol di jalang gak kalah kerasnya sama nyanyian kelompok ‘tua’ di atas. 
  2. Kalau adekku belajar kelompok serius banget, ini berdasarkan beberapa kali pengamatan saat kebetulan pada belajar kelompok di rumah. Mereka sangat antusias belajarnya, jarang guyon, kalaupun guyon pasti bentar terus balik lagi belajarnya. Padahal juga disediain makanan ringan lho. Mereka sangat tahan godaan. 
  3. Adekku punya segudang kegiatan karena ikut banyak ekstrakurikuler. Mulai marching band, kepanduan HW (ini sejenis dengan pramuka), dan hafalan jus ‘amma, disamping sekolah pagi dan sekolah sore. Jadi adaaa aja yang dia kerjain, mulai latihan HW, setor hafalan sampai latihan marching band. Meskipun aku dulu sekolah di tempat yang sama kayak adekku sekarang, kepala sekolahnya sekarang bikin banyak inovasi dengan memberikan banyak sekali kegiatan ekstrakurikuler. *catat: sekarang kepala sekolahnya Ibuku sendiri* 
  4. Berhubung adekku udah mau UASBN, makanya dia ikut banyak les, mulai dari matematika sampai bahasa inggris, meskipun sebenernya les bahasa inggris udah dia ikuti sejak masih kelas IV SD. Sepertinya semuanya sudah dipersiapkan dengan matang. Meskipun nggak ikut kursus, adekku udah lumayan bisa mengoperasikan komputer dan berhasil membuat beberapa puisi. 

See, ternyata banyak sekali yang berbeda antara dulu kala dengan jaman sekarang. *eh aku terlihat membandingkan diriku sendiri dengan adekku ya? Hhaha. Gak papa lah. Aku cuma pengen berbagi kegelian saat mengingat kelakuanku jaman SD dulu. :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Yore vs Today’s"

Post a Comment