Road To Krisspi.Pisskri.Skripsi (Part.1)


Kuliah jam terakhir alias jam 14.50 – 16.30 adalah kuliah yang biasanya cenderung membosankan dan tentu saja sudah kehabisan tenaga setelah seharian ada kelas. Nguap, bengong, makan, ngobrol adalah pemandangan yang biasa terjadi di kuliah jam krusial ini. Sering udah gak fokus karena capek, belum makan, hujan dan lain sebagainya. Namun mata kuliah kali ini beda. Nama mata kuliahnya PRELIMINARY RESEARCH. Salah satu mata kuliah yang berganti nama dari Teknik Penulisan Skripsi. Intinya sih mata kuliah yang ngajarin gimana agar kita, para mahasiswa, bisa menulis tugas ilmiah akhir a.k.a. skripsi dengan baik dan benar. 

Pertemuan pertama minggu lalu rada deg-degan sih, soalnya masih sensitive denger kata proposal skripsi gara-gara mata kuliah seminar semester yang lalu. Apalagi bapak dosennya dengan santai bilang kalo produk kuliah preliminary research ini tak lain adalah menghasilkan proposal penelitian yang berkualitas. Kuliah perdana intinya adalah SKRIPSI ITU MUDAH DAN CEPAT, TINGGAL MAU DIKERJAKAN ATAU HANYA DIPIKIRIN. Beliau dengan terang-terangan menceritakan bagaimana mudahnya dan cepatnya beliau membuat karya ilmiah ini –bapaknya selesai bikin skripsi dalam waktu satu bulan.. ya SATU BULAN- beliau aja bilang kalo satu semester itu kelamaan buat nyelesain skripsi. Oke, setidaknya beliau sangat memberikan banyak masukan dan tips bagaimana agar bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat. Beberapa tips yang beliau berikan diantaranya, kalau sudah punya ide segera tuangkan ke dalam tulisan agar tidak lupa, apapun yang dipikirkan tuliskan aja, karena dengan menulis kita jadi punya panduan mau dibawa kemana hal itu. Berikutnya, dekati calon dosen pembimbing yang sekiranya bisa menerima ide dan bisa diajak kerjasama sesegera mungkin. Lalu manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Pertemuan kedua hari ini, bapaknya mulai dengan slide yang bertuliskan “Problem Skripsi” dan tak lama kemudian terdengar desahan-desahan dari para mahasiswa yang langsung kasak-kusuk dengan teman sebelahnya, yang intinya adalah “belum-belum udah dikasih tulisan problem skripsi .__.”

Dimulai dengan penjelasan tentang bagaimana cara menulis latar belakang masalah. Beliau menjelaskan bahwa masalah itu bisa dicari dengan cara melihat atau membaca berita terkini dan teraktual, agar karya ilmiah itu bisa tepat sasaran. Kalau udah dapet, tulisan dimulai dari hal-hal yang bersifat luas atau global kemudian semakin mengerucut ke bawah dengan menulis independent variable lalu mengerucut lagi pada tulisan tentang dependent variable.  Penulisan latar belakang ini diakhiri dengan tulisan tentang fakta dan harapan yang menunjukkan kesenjangan dari A dan B. Fakta dan harapan ini bisa dilihat dari salah satu salah satu poin berikut atau bisa dari ketiganya, yakni teoritis dan harapan teoritis, teori dan realitas, atau realitas vs realitas. 

Diluar kebiasaan, biasanya kalau udah sore rasanya pengen cepet-cepet pulang, tapi kali ini malah rasanya gak pengen pulang. Mungkin karena pembawaan ngajar bapaknya yang enak, hujan dijadiin alasan para mahasiswa untuk tetap melanjutkan pelajaran. Pada baru minta pulang setelah jam menunjukkan pukul 5 sore. Sejauh ini baru mata kuliah ini yang membuatku betah di kelas sampai nahan-nahan pipis gara-gara gak mau ketinggalan penjelasan dari bapaknya. Dan sepertinya kuliah ini bakalan aku jadiin “label” khusus di blog, artinya aku bakalan nulis setiap pertemuan mata kuliah ini, hhihihi :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Road To Krisspi.Pisskri.Skripsi (Part.1)"

Post a Comment